Apa itu Node JS

caratrends.com - Sebelum belajar sesuatu NodeJS sebaiknya mencari tahu tentang definisinya, kenapa ada? dan buat apa?. Pada artikel ini akan menjelaskan apa itu NodeJS.


Dilihat dari website resminya nodejs.org menjelaskan  "Node.js is a JavaScript runtime built on Chrome's V8 Javascript Engine" yang di artikan bahwa NodeJS adalah javascript runtime yang di bangun atau di buat di dalam  javascript engine, yang namanya Chrome's V8 yang punya google Chrome.




Namun dihalaman abut webiste nodejs.org juga menjelaskan bahwa NodeJS ini merupakan "An asynchronous even-driven Javascript runtime, designed to build scalable network applications" yang di adalah sebuah runtime yang membuat aplikasi asynchronous.


Dari pengertian yang telah di jelaskan bahwa NodeJs bukan sebuah bahasa pemograman, padahal NodeJS adalah sebuah runtime. Sekarang apa itu runtime?


Runtime adalah sebuah konteks atau tempat untuk menjalankan / mengeksekusi code / script. Untuk lebih jelasnya tadi sudah di ketahui bahwa NodeJS adalah sebuah runtime untuk menjalankan program mengunakan bahasa javascript, sedangkan javascript berjalan di dalam browser. 


Kenapa bisa berjalan? karena di dalam browser tedapat javascript engine, khususnya pada chrome terdapat engine V8. Pada browser yang lain juga terdapat javascript engine namun di bahas pada artikel yang lain.


Javascript dapat membuat manipulasi DOM, EventListener, Interaktivitas, HTTP Request dan masih banyak lagi yang dibuat javascript di dalam browser, tapi memiliki problem yaitu terbatas. Javascript hanya bisa melakukan apapun selama di dalam browser, bahkan jika browser ditutup maka javascript tidak berjalan. Jadi segala sesuatu javascript tergantung pada pada browser, karena engine tertanam pada browser.


Suatu saat ada orang bernama Ryan Dahl ditahun 2009 membuat NodeJS, saat itu dia seseorang Software Developer di perusahaan Joyent. Awalnya dia membutuhkan sesuatu yang memerlukan web server  menggunakan sesuatu event loop bukan menggunakan tread. Saat itu dia sudah mencoba mengunakan bahasa pemograman C, Lua, bahkan Haskel. 


Namun problem dia tidak terselesaikan, kebetulan ada V8 yang memukinkan bahwa prilaku javascript dapat menyelesaikan masalanya. Karena dia tahu bahwa prilaku javascript dan V8 yaitu single threads, non-blocking, sychronous. Makanya yang tadi javascript hanya bisa di jalan dalam browser, Ryan Dahl membuat V8 engine dapat keluar dari browser.


Dia membuat aplikasi dengan bahasa pemograman C (Node.js) yang exe dapat bejalan sistem operasi contoh di dalam windows. Jadi sekarang javascript sudah dapat melakukan sesuatu tanpa tergantung web browser lagi. Nah aplikasi di nama kan dengan Node.js, yang dapat akses memori, IO, File Sistem, Network dan lain-lain.


NodeJS ini awal dibuat Ryan Dahl, namun dia sekarang tidak pada NodeJS. NodeJS sekarang di miliki oleh yang dinama node.js foundation. 








 



0 Response to "Apa itu Node JS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel