Penjelasan Sprint Review

caratrends.com - Sprint Review adalah scrum event yang dilakukan oleh scrum team dan stakeholder untuk menginspeksi increament. Event ini memiliki timebox 4 jam untuk sprint dengan durasi 1 bulan.


Sprint review dilakukan pada akhir sprint namun sebelum sprint retrospective. Pada saat sprint review,  scrum team dan pemegang kepentingan berkolaborasi untuk meninjau apa yang sudah diseleaikan disprint.



Berdasarkan hasil tinjauan tersebut dan perubahan terhadap product backlog di dalam sprint. Serta berkolaborasi untuk menentukan pekerjaan selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan nilai bisnis.


Ini adalah pertemuan informal bukan pertemuan laporan status dan persentasi increament dilakukan guna mendapatkan umpan balik dan mengembangkan kemampuan untuk kolaborasi.


Pertemuan ini paling lama diselengarakan selama 4 jam untuk sprint berdurasi 1 bulan. Untuk sprint yang lebih singkat durasi acara ini biasanya lebih singkat.

.

Scrum master memastikan acara ini terselengara dan peserta memahami tujuanya. Scrum master mengedukasi setiap peserta untuk menjaga dalam batasan waktu.


Hasil sprint review adalah product backlog yang sudah direvisi serta yang menjabarkan product backlog item yang mungkin diimplementasikan di sprint berikutnya.


Product backlog juga dapat disesuaikan secara keseluruhan untuk mendapatkan peluang baru di pasar.


Ada beberapa poin yang perlu diketahui mengenai sprint review

  1. Sprint review meruapakan event wajib dalam scrum meskipun ada backlog yang belum selesai diantarkan, event ini harus tetap dilaksanakan. Product owner bertanggung jawab untuk mengudang stakeholder dan scrum team.
  2. Prodcut owner menyampaikan kepada stakeholder, backlog-backlog yang belum selesai dan yang sudah selesai.
  3. Development team mendemonstrasikan increament yang telah selesai, menjawab pertanyaan dari stakeholder, dan menjelaskan tantangan selama mengerjakan sprint backlog.
  4. Melihat kondisi market saat ini dan mempertimbangkan apakah cukup baik untuk merilis increament.
  5. Stakeholder dan scrum team berkolaborasi untuk memberikan input pada sprint selanjutnya. (mrd)

0 Response to "Penjelasan Sprint Review"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel