Cara Instalasi MongoDB pada Windows

caratrends.com - berikut adalah langkah-langkah instalasi MongoDB pada Windows:


Pertama, download installer MongoDB dari website resmi MongoDB: https://www.mongodb.com/try/download/community.



Buka file installer MongoDB yang sudah di-download, kemudian pilih bahasa yang ingin digunakan selama instalasi. Klik tombol "OK" untuk melanjutkan.


Setelah itu, Anda akan melihat halaman "Setup Type". Pada halaman ini, Anda dapat memilih apakah ingin menginstal MongoDB sebagai layanan (service) atau sebagai aplikasi biasa. Pilih salah satu opsi dan klik tombol "Next".


Pada halaman "Service Configuration", jika Anda memilih untuk menginstal MongoDB sebagai layanan, Anda dapat menentukan nama layanan, port, dan lokasi direktori data. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat menggunakan konfigurasi default yang sudah ada. Klik tombol "Next" untuk melanjutkan.


Selanjutnya, Anda akan melihat halaman "MongoDB Community Compass". Jika Anda tidak ingin menginstal Compass, Anda dapat memilih opsi "Custom" dan tidak memilih "MongoDB Compass". Jika Anda ingin menginstal Compass, pilih opsi "Complete" dan klik tombol "Next".


Pada halaman "Ready to Install", klik tombol "Install" untuk memulai proses instalasi MongoDB.


Setelah proses instalasi selesai, pilih opsi "Run the MongoDB Database Server" dan klik tombol "Finish" untuk menyelesaikan proses instalasi.


Sekarang MongoDB sudah terinstal di komputer Anda. Anda dapat mengakses MongoDB melalui command line atau menggunakan driver MongoDB pada bahasa pemrograman yang Anda gunakan. 

0 Response to "Cara Instalasi MongoDB pada Windows"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel