5 Alasan Perlu Agile

caratrends.com - Sebagai seseorang bisnis user ada 5 point yang menjadi alasan mengapa perlu mengimplementasikan Agile.



  1. Time to market
    • Melalui Agile kita dapat merilis product kita tanpa harus menunggu seluruh scope product selesai dikerjakan. Kita bisa mendelivery infinity atau minimum viable product terlebih dahulu. Agar bisa segera diliris ke market sehingga kita tidak akan kehilangan momentum time to market.
  2. Ability to change
    • Sebagai seorang bisnis user sering kali kita dihadapkan pada situasi dimana kita harus merubah scope project. Melalui Agile dapat meng-inspect dan adapt sehingga dapat terfasilitasi untuk melakukan perubahan scope sesuai dengan kondisi market saat ini.
  3. Anccelerate product delivery and feasibility
    • Sering project yang kita jalankan tidak terdeliver sesuai rencana dan cendrung telat, hal ini biasanya dikarnakan karna rencana jangka panjang yang lebih berisiko terhadap kesalahan estimasi. 
    • Melalui Agile dapat menjalankan sprint dengan durasi yang singkat yaitu maksimal satu bulan sehingga resiko project delay lebih kecil dibandingkan planing long time untuk keseluruhan project.
  4. Costumer satisfaction
    • Sebagai contoh ada costumer mendapatkan kejadian lebih dari 50% fitur yang dibangun belum pernah digunakan oleh end user. Bisa dibayangkan kita banyak menghabiskan semua waktu yang gunakan untuk membangun sesuatu yang pelanggan tidak inginkan. Karena memaksakan perencanaan awal proyek, ketimbang beradaptasi terhadap perubahan bisnis.
    • Melalui Agile kita akan fokus pada out come yang memiliki value bisnis terkini ketimbang fokus pada output sesuai scope awal yang sebenarnya tidak akan pernah mereka gunakan karena sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Dengan menghasilkan suatu product yang memang dibutuhkan oleh custumers maka harapanya custumer akan lebih puas terhadap product yang kita hasil. Selain itu custumer dapat memberikan feedback terhadap product kita. Untuk selanjutnya kita inspect dan adapt pada sprint berikutnya.
  5. Business Existency
    • Charles Darwin pernyatakan bahwa "Bukan makhluk hidup yang paling kuat, paling besar atau paling pintar yang akan tetap bertahan hidup. Namun makhluk hidup yang paling bisa beradaptasi-lah yang akan survive bertahan hidup". Demikian juga dengan organisasi saat ini, apalagi saat ini kita memasuki dunia yang penuh perubahanya begitu sanagat cepat. 
    • Jika organisasi tidak Agile maka organisasi tersebut lebih beresiko untuk terdisrupsi, bangkrut dan gulung tikar. Kita bisa melihat saat ini perusahaan start-up yang bisa menjadi ancaman corporate besar jika tidak beradaptasi.
    • Dengan Agile diharapkan akan lebih siap dalam menghadapi perubahan, sehingga organisasi bisa tetap survive.
Itulah alasan-alasan perlu Agile dari segi business user dan dari segi Tim proyek silahkan baca artikel Tiga Bunefit Agile.





0 Response to "5 Alasan Perlu Agile"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel