Pengenalan Agile

caratrends.com - Terlebih dahulu mari apa itu Agile? Agile merupakan sebuah mindset yang dapat bertindak cepat, adaptif dan fleksibel sesuai dengan 4 nilai dan 12 prinsip sesuai dengan agile manifesto. Dengan berbagai macam kerangka kerja di dalam.


Jadi agile bukanlah sebuah metodologi karena orang sering salah kaprah mengartikan agile sebagai metode tertentu, yang implementasinya bisa sama dari satu perusahaan dengan perusahaan lainya. Padahal agile sebenarnya adalah suatu mindset dan principle.






Dimana saat implementasi setiap perusahaan memiliki journey atau perjalanya masing-masing. Jadi perlu di ingat agile adalah mindset, yang terdiri dari 4 values dan 12 principal, dan memiliki berbagai macam framework di dalamnya. 






Terlebih dahulu akan membahas Agile sebagai payung dari berbagai macam kerangka kerja di dalamanya, di lihat secara dua perpektif yaitu bisnis user dan tim proyek.


Dilihat dari bisnis user dapat membaca artikel 5 Alasan Perlu Agile dan Tiga Bunefit Agile.


Perubahan bisnis begitu cepat dan komplek sering kali perencanaan kita lakukan tidak sesuai dengan kondisi market saat ini. Sebagai contoh kita membuat perencanaan suatu aplikasi perangkat lunak, fitur-fitur yang kita kerjakan oleh development team memiliki durasi waktu satu tahun. Namun satu tahun kemudian ketika aplikasi sudah jadi dan siap digunakan ternyata kondisi market sudah tidak sesuai. 


Tim proyek sukses membuat aplikasi namun secara bisnis bisa dikatakan gagal karena tidak mempunyai value bisnis apapun, aplikasi tidak dipakai oleh user, sehingga bisnis goal tidak tercapai. Strategi dan perencanaan masih diperlukan untuk memasuki dunia yang begitu komplek. 


Anda memerlukan cara kerja baru yang lebih fleksibel terhadap perubahan tetapi membangunya di lingkungan yang komplek membutuhkan pemikiran yang lebih adaptif dari pada memaksakan untuk mengikuti perencanaan awal.


Cara kerja Agile mengedepankan respon terhadap perubahan ketimbang mengikuti perencanaan awal. Agile meinimalkan resiko dengan cara melakukan iterasi produk dan merilis ke pasar sedikit demi sedikit namun sering.


Sekarang kita sudah memahami apa itu Agile.


1 Response to "Pengenalan Agile"

  1. Breeze End Tech is a well known registered IT Company located in Alexandria VA, BET providing various IT services to it's clients from last 7 years. One of the best IT support companies in Northern Virginia, connecting thousands of local and national customers within the United States .
    Search Engine Optimization | SEO Services Company Alexandria VA | SEO | Internet Marketing Service | Website Design | Digital Marketing Company | Best SEO Specialist in Alexandria | Designing & Web Development Company in Alexandria Virginia.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel